Pri
Hastuti 1 dan Luluk Mahaningsih 1
ABSTRAK
Masalah
sosial dan masalah kesehatan seperti KTD dan infeksi HIV / AIDS pada umumnya
sedang dihadapi oleh remaja saat ini. Sebanyak 2,3 juta penderita HIV / AIDS
adalah remaja dan para wanita (UNAIDS, 2004). Kurangnya pengetahuan tentang
HIV/AIDS disebabkan karena pendidikan kesehatan yang diberikan di sekolah,
bimbingan modul, leaflet dan CD tentang HIV / AIDS masih jarang. Untuk mencapai
hal tersebut program pencegahan melalui sekolah dianggap metode yang efektif
yang memberikan materi untuk mencapai tujuan pendidikan, yaitu peningkatan
pengetahuan tentang pencegahan infeksi HIV / AIDS.
Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pendidikan kesehatan dengan
penggunaan modul dan presentasi yang disertai dengan selebaran terhadap
pengetahuan tentang HIV / AIDS pada siswa SMUN 3 dan SMUN 1 Pejangan Bantul tahun
2007-2008.
Jenis
penelitian adalah penelitian eksperimental dengan menggunakan pendekatan pre-
post test control group design. Subyek penelitian dikelompokan menjadi 2 dari
SMU yang berbeda dan ditentukan sebagai kelompok perlakuan dan kelompok
kontrol. Setiap sampel terdiri dari 42 orang terpilih dengan menggunakan cluster random sampling kemudian diukur
pengetahuan tentang HIV / AIDS menggunakan instrumen test. analisis statistic
menggunakan uji t dependen dengan tingkat signifikansi 0,005.
Nilai
rata-rata pre-test dan post-test pada kelompok perlakuan
masing-masing 73,81 (SD = 10,53) dan 84,17 (SD = 5,69). Sedangkan rerata nilai pre-test dan post-test pada kelompok kontrol masing-masing 80,39 (SD = 8.13) dan
81.51 (SD = 6,97). Uji beda pada sampel
berpasangan dari kelompok perlakuan dengan nilai t 5,440 (nilai p <0,05),
yang artinya ada perbedaan pengetahuan antara pre-test dan post-test
pada kelompok perlakuan. Sedangkan uji beda pada sampel berpasangan dari
kelompok kontrol dengan nilai t 0,472 (nilai p> 0,05), yang artinya tidak
ada perbedaan pengetahuan antara pre-test
dan post-test kelompok kontrol. Jadi,
perbandingan antara kedua kelompok diperoleh nilai t 3,771 (nilai p <0,005),
yang berarti ada perbedaan pengetahuan.
Terdapat
perbedaan pengetahuan tentang HIV/AIDS pada siswa SMU dengan penggunaan modul
dan presentasi yang disertai leaflet.
Kata Kunci: Pendidikan Kesehatan, Pengetahuan, Modul, Leaflet, HIV / AIDS.
1.
Akademi Kebidanan Yogyakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar