Jumat, 28 Desember 2012

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PESERTA JAMINAN PERSALINAN (JAMPERSAL) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BATU BRAK KABUPATEN LAMPUNG BARAT TAHUN 2012


Teguh Pribadi1

ABSTRAK

Provinsi Lampung menyebutkan persalinan di tolong tenaga kesehatan pada tahun 2007 adalah 76,58% sedangkan 33,42% persalinan ditolong oleh dukun. Tahun 2008 persalinan di tolong tenaga kesehatan adalah 74,51% sedangkan 25,49% persalinan ditolong oleh dukun. Hal ini berkaitan dengan kemampuan Masyarakat untuk membayar biaya jasa medis yang diberikan oleh petugas kesehatan sehingga lebih memilih bersalin didukun Tujuan penelitan adalah Diketahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan peserta Jampersal (Jaminan Persalinan) di Puskesmas Batu Brak Kabupaten Lampung Barat tahun 2012.Jenis penelitian adalah kuantitatif, rancangan penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu hamil peserta jampersal, berdasarkan data register Puskesmas Batu Brak Kabupaten Lampung Barat Jumlah peserta jampersal periode April 2012 sebesar 348 orang.Sampel dalampenelitian ini adalah 187 respondenAnalisis data menggunakan chi square.Hasil uji statistik didapat Empaty yaitu sebesar 113 orang (60,4%).Reliability yaitu sebesar 135 orang (72,2), responsiveness yaitu sebesar 123 orang (65,8), Kepuasan yaitu 151 orang kurang puas (80,7) Hasil uji statistik didapat ada hubungan Emphaty dengan Kepuasan pserta jampersal (p value = 0,018 < 0,05). ada hubungan Reability dengan Kepuasan pserta jampersal (p value = 0,007 < 0,05). hubungan responsiveness dengan Kepuasan pserta jampersal (p value = 0,043 < 0,05). 
Diharapkan petugas kesehatan Puskesmas Batu Brak untuk terus meningkatkan mutu pelayanan dengan cara emphaty yang baik dalam bentuk perhatian dan komunikasi yang ramah,  reliability dalam bentuk pelayanan yang tepat dan mampu menjawab dengan baik setiap pertanyaan yang peneliti ajukan serta responsiveness dalam bentuk jam buka pelayanan sesuai dengan ketentuan yang berlaku sehingga pelayanan dapat cepat diberikan sejak peserta jampersal mendaftar hingga mendapatkan pelayanan petugas kesehatan.

Kata kunci     : Empaty , Reliability, Responsiveness , Kepuasan pserta jampersal


1.    PSIK FK Universitas Malahayati Bandar Lampung





Tidak ada komentar:

Posting Komentar