I
Gusti Made Yoga Astawa1, Samino2, dan Dina Dwi Nuryani3
ABSTRAK
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi
kedokteran dan kesehatan perlu diiringi peningkatan kemampuan manajemen,
kepemimpinan dan pengorganisasian kesehatan. Pendekatan mutu pelayanan dan
kepuasan pasien menjadi salah satu strategi penting yang tidak bisa diabaikan
oleh para penentu kebijakan. Dimensi mutu pelayanan adalah Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy. Kepuasan pasien dipengaruhi
kinerja pelayanan kesehatan yang diperolehnya setelah pasien membandingkan
dengan apa yang diharapkannya. Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya
hubungan dimensi mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di Puskesmas
Rumbia Kabupaten Lampung Tengah 2012.
Jenis penelitian ini survey analitik dengan
rancangan cross sectional. Populasi
adalah pasien Puskesmas Rumbia. Jumlah sampel ditetapkan dengan teknik proportionate stratified sampling sebanyak
100 sampel, dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling accidental. Pengumpulan data melalui wawancara terpimpin
berpedoman pada kuisioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Analisa
yang digunakan adalah analisa gap, analisa
univariat, dan analisa bivariat dengan uji chi-square.
Hasil penelitian,
dimensi mutu pelayanan dinilai baik lebih dari separuh responden yaitu Assurance (56%), Empathy (53%), Reliability (51%), sedangkan Tangible, dan Responsiveness dinilai
tidak baik lebih dari separuh responden (58% dan 52%). Gap persepsi dan harapan adalah -0,731. Sebagian besar (73%) pasien
di Puskesmas Rumbia tidak puas terhadap mutu pelayanan yang diberikan. Ada
hubungan antara dimensi tangible (p-value=0,019), reliability (p-value=0,002),
responsiveness (p-value=0,001), assurance (p-value=0,001), empathy (p-value=0,000)
dengan kepuasan pasien. Disarankan agar masyarakat secara berkala memberikan
masukan terhadap penyelenggaraan pelayanan, Puskesmas Rumbia agar meningkatkan
kebersihan, dimulainya pelayanan tepat waktu, SPM dan SOP disosialisasikan
kepada staf, membuat dan menyepakati nilai/norma organisasi, akademisi agar
memberi sumbangsih keilmuan kepada unit-unit pelayanan.
Kata Kunci
|
:
|
Kepuasan, Tangible,
Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy.
|
|
|
|
1.
Puskesmas Rumbia Lampung Tengah
2.
Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas
Malahayati Bandar Lampung
Tidak ada komentar:
Posting Komentar