Kamis, 11 Juli 2013

FAKTOR-FAKTOR RISIKO INFEKSI NOSOKOMIAL PADA LUKA OPERASI BERSIH DI RUANG PERAWATAN BEDAH RS YUKUM MEDICAL CENTER KABUPATEN LAMPUNG TENGAH PROVINSI LAMPUNG

FAKTOR-FAKTOR RISIKO INFEKSI NOSOKOMIAL PADA LUKA OPERASI BERSIH DI RUANG PERAWATAN BEDAH  RS YUKUM MEDICAL CENTER
KABUPATEN LAMPUNG TENGAH PROVINSI LAMPUNG

David Yunizar 1, Sugeng Juwono Mardihusodo 2, Zaenal Abidin 2


ABSTRAK

Infeksi nosokomial sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan secara menyeluruh yang dapat meningkatkan morbiditas, mortalitas, hari rawat penderita yang lama, dan beban biaya menjadi semakin besar. Tujuan penelitian tesis ini adalah untuk menganalisis dan menyimpulkan faktor endogen dan eksogen yang berhubungan dengan Faktor-faktor risiko infeksi nosokomial pada luka operasi bersih di ruang perawatan bedah RS Yukum Medical Center Kabupaten Lampung Tengah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian survei analitik, yaitu pengumpulan data diambil langsung dari sumber primer. Populasi yang dimaksud dalam penelitian ini adalah pasien jenis operasi bersih  di Ruang perawatan  Rumah Sakit Yukum Medical Centre Kabupaten Lampung Tengah sebanyak 30–40 orang perbulan, dengan sampel sebanyak 60. Teknik pada penelitian ini adalah uji Chi Square (X2) dan analisis multivariat dilakukan pengujian secara bersama-sama sehingga dapat dilihat variabel mana yang paling berhubungan dengan infeksi nosokomial pada luka post operasi bersih.
  Hasil penelitian didapatkan hasil uji interaksi umur dan penyakit penyerta terhadap terjadinya infeksi nosokomial pada luka operasi bersih di Ruang Perawatan Bedah RS Yukum Medical Center Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2012 merupakan variabel yang paling dominan yang menyebabkan terjadinya infeksi nosokomial dengan p-value = 0,032 dan p-value = 0,000. Saran, Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan untuk pengambilan kebijakan manajemen Rumah Sakit Yukum Medical Center dalam pengendalian faktor-faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya infeksi nosokomial pada luka operasi bersih.

Kata Kunci     : Kejadian, Faktor, Infeksi Nosokomial



1.  RS Demang SR Lampung Tengah
2.  Program Pascasarjana Kesmas FKM Universitas Malahayati B. Lampung


Tidak ada komentar:

Posting Komentar