Kamis, 11 Juli 2013

ANALISIS FUNGSI MANAJEMEN IMUNISASI DI PUSKESMAS PADANG RATU KABUPATEN LAMPUNG TENGAH TAHUN 2012

Desi Paramita1, Khoidar Amirus1, Andoko2

ABSTRAK



Tujuan program imunisasi adalah menurunkan angka kematian bayiakibat Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi ( PD3I ). Keberhasilan program imunisasi diukur dengan pencapaian target cakupan imunisasi. Keberhasilan tersebut salah satunya adalah tergantung oleh proses manajemen imunisasi yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi. Tujuan penelitian ini adalah diketahui gambaran mengenai fungsi manajemen imunisasi dalam pencapaian cakupan imunisasi Puskesmas Padang Ratu Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2012.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan  kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah petugas puskesmas yang terlibat dalam program imunisasi, yaitu terdiri dari Kepala Puskesmas, Pengelola Program imunisasi, dan Juru Imunisasi Puskesmas yang terdiri dari 3 bidan desa dan 2 orang perawat.. Teknik pengolahan data menggunakan content analysis (analisis isi)
Hasil penelitian menunjukan bahwa pengelola program imunisasi Padang Ratu telah melakukan perencanaan kegiatan yang meliputi jadwal imunisasi rutin, pembagian tenaga pelaksana, perencanaan logistik imunisasi (vaksin), dan pencatatan hasil imunisasi. Yang masih menjadi hambatan dalam pengelolaan imunisasi adalah mengenai ketenagaan, karena masih adanya jabatan rangkap. Monitoring terhadap kegiatan imunisasi di Puskesmas Padang Ratu melalui rapat setiap bulan dan puskesmas keliling. Evaluasi di Puskesmas Padang Ratu telah dilakukan setiap bulan, dihadiri oleh semua petugas. Laporan hasil kegiatan imunisasi yang telah dibuat kemudian dievaluasi dan ditindaklanjuti melalui perencanaan pada bulan berikutnya.

Kata Kunci     : Manajemen, Imunisasi, Puskesmas





1.  Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Malahayati B. Lampung

2.  Prodi Keperawatan FK Universitas Malahayati B. Lampung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar