Kamis, 11 Juli 2013

STATUS GIZI BESI ANAK SEKOLAH DASAR (9 - 12 Th) YANG DIBERI PERMEN SUSU FORTIFIKASI BESI

STATUS GIZI BESI ANAK SEKOLAH DASAR (9 - 12 Th)
YANG DIBERI PERMEN SUSU FORTIFIKASI BESI

Dias Ardini1


ABSTRAK

Prevalensi anemia gizi besi pada anak Sekolah Dasar masih cukup tinggi. Terjadinya anemia gizi besi dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya kurangnya kandungan zat besi dalam makanan, adanya zat penghambat penyerapan besi, parasit di dalam tubuh dari makanan, dan kejadian banyak kehilangan darah.Salah satu upaya penanggulangan yang dapat dilakukan adalah dengan pemberian makanan yang difortifikasikan dengan besi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui status gizi anak sekolah dasar yang mengalami defisiensi besi dengan pemberian permen susu yang difortifikasi besi. Penelitian dilaksakan di Sekolah Dasar Negeri Pinang Jaya yang termasuk ke dalam daerah rawan gizi.
Rancangan percobaan disusun Randomized controlled trial dengan invertasi bersifat double blind. Subyek penelitian dibagi dua kelompok perlakuan, yaitu : kelompok suplementasi permen susu fortifikasi besi dengan vitamin C sebanyak 7 orang dan kelompok permen susu tanpa fortifikasi besi dengan vitamin C sebanyak 7 orang. Pengamatan status gizi dari kedua kelompok didasarkan pada kadar hemoglobin. Volume sel rata – rata (MCV), rata – rata hemoglobin sel (MCH) dan TIBC (Total Iron Binding Capasity).
Hasil penelitian menunjukan tidak adanya perbedaan yang signifikan dari kelompok yang diberi permen susu fortifikasi besi dan vitamin C dengan kelompok permen susu tanpa fortifikasi besi dan vitamin C pada peningkatan kadar hemoglobin, rata – rata hemoglobin sel (MCH) dan penurunan TIBC sedangkan pada Volume sel rata – rata (MCV) terjadi perbedaan yang signifikan.

Kata Kunci     : Status Besi, Susu, Fortifikasi Besi



1) Dosen Jurusan Farmasi, Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang, Lampung


Tidak ada komentar:

Posting Komentar