Senin, 18 Februari 2013

ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA PERSENTASE PENCAPAIAN LAPORAN KESEHATAN IBU DI KABUPATAN TULANG BAWANG TAHUN 2012



Pramadya1, Achmad Farich 2, Herry Djoko Subandriyo3.

ABSTRAK

Millenium Development Goals (MDGs) atau tujuan pembangunan millennium adalah upaya untuk memenuhi hak-hak dasar kebutuhan manusia. Tujuan MDG’s salahsatunya meningkatkan kesehatan ibu ( menurunkan kematian ibu dari 228/100.000 menjadi 102/100.000 pada tahun 2015).
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif untuk mengetahui penyebab rendahnya persentase pencapaian laporan kesehatan ibu di Kabupaten Tulang Bawang.  Populasi dalam penelitian ini adalah  seluruh Koordinator Tim SIMPUS Seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Tulang Bawang, yaitu berjumlah 18 Orang, dan Bidan Koordinator berjumlah 18 orang, dengan total informan 36 orang. Sedangkan yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah yang bersedia menjadi informan, yaitu lima bidan koordinator dan lima koordinator Tim SIMPUS.
Secara umum diperoleh hasil pendataan melalui wawancara mendalam (indepth interview) pada 10 informan, adapun hasil yang diperoleh bahwa Bidan Koordinator Puskesmas dan Koordinator Tim SIMPUS belum menguasai seluruh laporan yang terkait dengan kesehatan ibu. Bidan koordinator dalam bertugas mengumpulkan dan merekap laporan kesehatan ibu tidak dibantu oleh pegawai puskesmas lainnya. Dalam penerapan metode sumber data kesehatan ibu masih belum tepat, puskesmas belum menggunakan data sasaran riil berdasarkan capaian hasil kegiatan pada tahun sebelumnya, pada saat ini masih menggunakan data sasaran proyeksi dengan sumber data penduduk yang bervariasi. Dalam penerapan metode pengumpulan data kesehatan ibu masih belum maksimal, belum seluruhnya mengirimkan data kesehatan ibu ke puskesmas. Pemanfaatan data Kesehatan ibu sudah sudah dilakukan oleh puskesmas, tetapi belum maksimal, belum ada sinkronisasi antara data laporan bulanan kesehatan ibu, SP2TP, RUK, RPK dan POA Puskesmas.
Saran disampaikan Perlu ada perubahan kebijakan. Perlu dilakukan perubahan manajemen. Perlu diadakan Sistem Informasi Manajemen Puskesmas dan Penetapan indikator serta definisi operasional Standar Pelayanan Minimal. Bidang Kesehatan. Penelitian ini dapat dilanjutkan dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif.

Kata Kunci     : Bidan Koordinator, Koordinator Tim Simpus, PTP, LOKMIN, PKP





1)    Kasubag Perencanaan Dinas Kesehatan Kabupaten Tulang Bawang Propinsi Lampung.
2)    Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Malahayati
3)    Rumah Sakit Jiwa Propinsi Lampung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar