Senin, 18 Februari 2013

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KOMITMEN PENCEGAHAN TERSIER PENYAKIT HIPERTENSI PADA MASYARAKAT DI WILAYAHKERJA PUSKESMAS SE-KOTA METRO TAHUN 2012



Janu Purnomo1, Gunawan Irinato2, Lolita Sary3

ABSTRAK

Penyakit hipertensi merupakan salah satu penyebab kematian.  Faktor resiko pada penyakit hipertensi yaitu faktor yang tidak dapat diubah atau dikontrol dan faktor yang dapat diubah atau dikendalikan. Faktor yang dapat diubah atau dikendalikan adalah obesitas, mengkonsumsi garam, olah raga, mengkonsumsi alkohol dan merokok. Pencegahan tersier ditujukan untuk meminimalkan komplikasi, menghindari kecacatan dan meningkatkan kualitas hidup agar dapat menjalani kehidupan secara normal dan dapat diterima oleh lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan komitmen pencegahan tersier penyakit hipertensi pada masyarakat di wilayah kerja puskesmas  Se-Kota Metro.
 Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif dengan pendekatan Studi Cross Sectional. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 99 responden. Data diperoleh dengan tehnik wawancara menggunakan kuesioner. Analis data menggunakan Uji Chi square, dengan tingkat kepercayaan 95% dan multipel regresi logistik.
Hasil penelitian  menunjukkan bahwa ada hubungan variabel  persepsi hambatan (p-value = 0,000), persepsi kemampuan diri (p-value = 0.000), sikap (p-value = 0,001) dengan komitmen pencegahan tersier penyakit hipertensi, dan tidak ada hubungan persepsi manfaat (p-value = 0,084). Faktor yang paling dominan berhubungan dengan komitmen pencegahan tersier penyakit hipertensi  adalah persepsi hambatan (OR = 7,955) . Saran bagi petugas kesehatan perlu ditingkatkan program promosi kesehatan pada masyarakat dalam pencegahan tersier penyakit hipertensi di masyarakat   melalui media masa maupun elektronik.  Penyuluhan dan kunjungan rumah pada pasien hipertensi perlu dilakukan dalam rangka memantapkan program pencegahan tersier penyakit hipertensi.
Kata Kunci     : Hipertensi, Persepsi rintangan, Komitmen



1.    Akademi Keperawatan Dharma Wacana Metro
2.    PSIK FK Universitas Malahayati B. Lampung
3.    Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Malahayati B. Lampung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar