Senin, 18 Februari 2013

FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KONSISTENSI PEMAKAIAN KONDOM PADA PEKERJA SEKS KOMERSIAL (PSK) DI EKS LOKALISASI PEMANDANGAN TELUK BETUNG SELATAN BANDARLAMPUNG



Rahma Elliya1), Aprina 2)

ABSTRAK

Kejadian HIV-AIDS di Propinsi Lampung  sebagian besar penderitanya adalah Pekerja Seks Komersial (PSK) dan pencegahan penularan menggunakan kondom saat berhubungan seks. Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi faktor yang berhubungan dengan konsistensi pemakaian kondom pada PSK, yaitu: pengetahuan, sikap, ketersediaan kondom, dukungan mucikari, dukungan petugas kesehatan, dukungan teman seprofesi, dukungan klien.
Jenis penelitian kuantitatif analitik pendekatan cross sectional. Populasi seluruh PSK yang berada di Eks Lokalisasi Pemandangan berjumlah 100 orang, dengan responden 71 orang. Analisis data menggunakan analisis univariat, bivariat (chi square) dan analisis multivariat (regresi logistik).
Hasil penelitian konsistensi pemakaian kondom tidak baik 54,9%, pengetahuan PSK tinggi 53,5%, kondom tidak selalu tersedia 53,5%, mucikari tidak mendukung 56,3%, sikap PSK positif 56,3%, teman seprofesi mendukung 54,9%, petugas kesehatan mendukung 59,2%, klien yang mendukung 59,2%. Hasil analisis bivariat dengan uji chi square variable pengetahuan p-value 0,000, ketersediaan kondom p-value 0,007, dukungan mucikari p-value 0,000, sikap PSK 0,000, dukungan teman seprofesi 0,000, dukungan petugas kesehatan p-value 0,007 dan dukungan klien p-value 0,007. Variabel paling dominan hubungannya terhadap konsistensi pemakaian kondom pada PSK adalah sikap dengan p-value 0,001. Saran penelitian agar mucikari mewajibkan PSK menggunakan kondom dan menyediakan kondom di lokalisasi. Kondom yang disediakan adalah bagian fasilitas kamar agar memudahkan akses memperoleh kondom untuk mencegah HIV-AIDS di Eks Lokalisasi Pemandangan Teluk Betung Selatan Kota Bandar Lampung.

Kata Kunci     : Konsistensi pemakaian kondom, PSK, Lokalisasi


1.    Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Malahayati Lampung
2.    Politeknik Kesehatan Tanjung Karang Lampung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar