Senin, 18 Februari 2013

ANALISIS KEBERADAAN JENTIK NYAMUK AEDES AEGYPTI DI KELURAHAN BUKIT KEMILING PERMAI RT 10 KECAMATAN KEMILING KOTA BANDARLAMPUNG TAHUN 2012



Welly Rizkianti1, Samino2

ABSTRAK

Keberadaan jentik di suatu wilayah diketahui dengan indicator Angka bebas jentik (ABJ). ABJ merupakan persentase rumah atau tempat-tempat umum yang tidak ditemukan jentik. Masih rendahnya Angka bebas jentik di Kelurahan Bukit Kemiling Permai RT 10 sebesar 78% dari indikator nasional yaitu sebesar 95% merupakan hal yang sangat perlu di waspadai , hal ini dikarenakan rendahnya Angka bebas jentik memungkinkan banyak  peluang untuk proses transmisi virus. Tujuan penelitian adalah diketahuinya hubungan pengetahuan, sikap dan perlaku PSN dengan keberadaan jentik Ae. Aegepty di Kelurahan Bukit Kemiling Permai RT 10 Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung Tahun 2012.
 Jenis penelitian ini kuantitatif dengan metode penelitian cross sectional. Populasi adalah Rumah yang ada di Kelurahan Bukit Kemiling Permai RT 10 Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung yang berjumlah 80 Rumah dan sampel 80 rumah, analisa menggunakan uji chi-square (x²).
Hasil analisa univariat menunjukkan bahwa terdapat 48 rumah yang ada jentik Ae.Agepty, 47 responden berpengatahuan tidak baik,  53 responden yang bersikap negative, dan 44 responden yang berperilaku baik dan hasil analisa bivariat didapatkan ada hubungan pengetahuan dengan keberadaan jentik Ae. Aegepty (p-value= 0,021 dan OR= 2,8 ), sikap keberadaan jentik Ae. Aegepty (p-value = 0,027 dan OR = 1,3) dan perilaku keberadaan jentik Ae. Aegepty (p-value = 0,011 dan OR = 6,4). Hasil penelitian ini dapat menjadi bahan evaluasi bagi Puskesmas Kemiling untuk meningkatkan upaya pencegahan DBD melalui sosialisasi tentang keberadaan jentik nyamuk dan pentingnya melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

Kata kunci : Ae. Aegepty, pengetahuan, sikap, perilaku PSN

1)       FKM Universitas Malahayati B. Lampung
2)       Program Pascasarjana FKM Universitas Malahayati B. Lampung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar