Jumat, 28 Desember 2012

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEAKTIFAN KADER POSYANDU DI DESA MULANG MAYA KECAMATAN KOTABUMI SELATAN KABUPATEN LAMPUNG UTARA TAHUN 2012


Harisman­1, dan Dina Dwi Nuryani 2

ABSTRAK

Upaya yang perlu dilakukan dalam rangka meningkatkan pelayanan cakupan posyandu di Desa Mulang Maya Kecamatan Kotabumi Selatan Kabupaten Lampung Utara dengan meningkatkan peran kader dalam setiap kegiatan posyandu melalui pembinaan oleh petugas. Tujuan penelitian diketahuinya faktor-faktor yang mempengaruhi keaktifan kader posyandu di Desa Mulang Maya Kecamatan Kotabumi Selatan Kabupaten Lampung Utara  Tahun 2012.
Jenis penelitian ini kuantitatif dengan metode penelitian cross sectional. Populasi adalah semua kader posyandu di Desa Mulang Maya Kecamatan Kotabumi Selatan Kabupaten Lampung Utara sebanyak 50 orang dari 10 Posyandu dengan jumlah sampel 50 orang, analisa menggunakan uji Chi-square (c2).
Hasil uji statistik didapatkan ada pengaruh tingkat pendidikan (p-value = 0,005), pengetahuan (p-value = 0,015), penghargaan kader (p-value = 0,025) dan dukungan keluarga (p-value = 0,015) terhadap keaktifan kader posyandu di Desa Mulang Maya Kecamatan Kotabumi Selatan Kabupaten Lampung Utara  Tahun 2012
Saran, bagi petugas kesehatan diharapkan untuk terus menggerakkan kader posyandu dalam melaksanakan kegiatan posyandu secara aktif dengan memberikan penyuluhan secara berkala pada kader posyandu dan bagi masyarakat diharapkan ikut berperan serta aktif untuk mendukung kader posyandu, dengan cara memberikan dukungan berupa informasi dan fasilitas yang kepada kader posyandu yang ada.

Kata Kunci     : Keaktifan Kader, Posyandu

1.    Dinas Kesehatan Lampung Utara
2.    Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Malahayati B. Lampung


Tidak ada komentar:

Posting Komentar