Jumat, 28 Desember 2012

GAMBARAN SIKAP AKSEPTOR MOP TERHADAP PEMAKAIAN KONDOM PASCA MOP DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS UPTD PANGALENGAN


Sismeri Dona1

ABSTRAK

Wilayah kerja UPTD Puskesmas Pangalengan hampir setiap tahun memberikan layanan MOP bekerjasama dengan berbagai pihak, diantaranya Kepolisian dan BKKBN. Pangalengan adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Bandung dengan jumlah penggunaan kontrasepsi MOP terbanyak. Tetapi, tidak semua penerima MOP mematuhi aturan tentang penggunaan kondom dan tidak menyadari pentingnya penggunaan kondom pasca-MOP. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran sikap penerima MOP terhadap penggunaan kondom pasca MOP di wilayah kerja UPTD Puskesmas Pangalengan Tahun 2012.
Alat yang digunakan terdiri dari alat kontrasepsi laki-laki, antara lain Kondom dan MOP. Kondom merupakan selubung sarung karet yang dapat dibuat dari berbagai bahan; seperti, karet, plastik, atau bahan alami (produksi ternak) yang ditempatkan pada alat kelamin pria selama berhubungan seksual, sementara MOP merupakan alat kontrasepsi permanent melalui operasi kecil untuk mengikat atau memotong garis atau menutup saluran sperma.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi adalah penerima MOP di wilayah kerja UPTD Puskesmas Pengalengan sebanyak 102 orang. Jumlah sampel  adalah 51 penerima. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Analisis univariat menggunakan SPSS 16.0.
Berdasarkan hasil penelitian, lebih dari setengah responden penerima MOP berdasarkan komponen kognitif, afektif dan konatif memiliki sikap positif terhadap penggunaan kondom pasca MOP dan kurang dari setengah responden memiliki sikap negatif.
Dari hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa sikap penerima MOP di lingkungan Puskesmas Pangalengan akan penggunaan kondom pasca MOP adalah positif, dan kurang dari setengah responden memiliki sikap negatif. Maka, untuk meningkatkan sikap positif terhadap penggunaan kondom pada penerima MOP dibutuhkan kerjasama antara petugas kesehatan untuk memberikan penyuluhan tentang pentingnya menggunakan kondom pasca MOP dan memberikan contoh bagaimana menggunakan kondom dengan baik dan benar sehingga penerima memiliki sikap positif terhadap penggunaan kondom pasca MOP.

Kata kunci: Sikap, Penggunaan Kondom

1.    Akademi Kebidanan Dewi Sartika Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar