Jumat, 28 Desember 2012

PERBEDAAN METODE PENYULUHAN LEAFLET DAN DISKUSI KELOMPOK TERHADAP PENEMPELAN STIKER PROGRAM PERENCANAAN PERSALINAN DAN PENCEGAHAN KOMPLIKASI (P4K) DI DESA NEGLASARI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KATIBUNG 2012


Siti Rohma Perbasya1 dan Fitri Ekasari2


ABSTRAK

Salah satu upaya yang dilakukan adalah mendekatkan jangkauan pelayanan kesehatan kepada masyarakat melalui Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K). Berdasarkan data dari Riset Kesehatan Dasar (Rinkesdas) 2007 mencatat kepemilikan P4K dengan stiker baru 24,3% dan untuk provinsi Lampung sebesar 22,6%. Sedangkan di Kabupaten Lampung Selatan khususnya di Desa Neglasari Wilayah Kerja Puskesmas Katibung belum pernah dilakukan evaluasi terhadap pelaksanaan P4K dengan stiker. Tujuan penelitian adalah perbedaan metode penyuluhan leaflet dan diskusi terhadap penempelan stiker P4K (Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi) di Desa Neglasari Wilayah Kerja Puskesmas Katibung Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2012.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan desain “Nonequivalen control group design”. Populasi seluruh ibu hamil di Desa Neglasari Wilayah Kerja Puskesmas Katibung Kabupaten Lampung Selatan pada bulan Februari tahun 2012 sebanyak 40 ibu hamil. Sampel 40 responden. Analisis data yang digunakan yaitu uji Chi Square.
Hasil penelitian menunjukkan distribusi frekuensi responden yang mendapatkan penyuluhan dengan metode diskusi dan leaflet masing-masing sebanyak 20 responden (50,0%). Responden melakukan penempelan stiker P4K sebanyak 22 responden (55,0%). Ada perbedaan metode penyuluhan leaflet dan diskusi terhadap penempelan stiker P4K di Desa Neglasari Wilayah Kerja Puskesmas Katibung Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2012 (p value 0,026 OR 5,571). Saran bagi petugas kesehatan agar meningkatkan penyuluhan terutama dengan menggunakan metode diskusi sehingga dapat meningkatkan angka penempelan stiker P4K.

Kata Kunci     : Diskusi Kelompok, leaflet, penempelan stiker P4K

1.    Puskesmas Katibung Kabupaten Lampung Selatan
2.    Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Malahayati B. Lampung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar