Selasa, 03 Juli 2012

HUBUNGAN DIMENSI MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS RUMBIA KABUPATEN LAMPUNG TENGAH


I Gusti Made Yoga Astawa1, Samino2, dan Dina Dwi Nuryani3
ABSTRAK
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran dan kesehatan perlu diiringi peningkatan kemampuan manajemen, kepemimpinan dan pengorganisasian kesehatan. Pendekatan mutu pelayanan dan kepuasan pasien menjadi salah satu strategi penting yang tidak bisa diabaikan oleh para penentu kebijakan. Dimensi mutu pelayanan adalah Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy. Kepuasan pasien dipengaruhi kinerja pelayanan kesehatan yang diperolehnya setelah pasien membandingkan dengan apa yang diharapkannya. Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya hubungan dimensi mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Rumbia Kabupaten Lampung Tengah 2012.
Jenis penelitian ini survey analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi adalah pasien Puskesmas Rumbia. Jumlah sampel ditetapkan dengan teknik proportionate stratified sampling sebanyak 100 sampel, dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling accidental. Pengumpulan data melalui wawancara terpimpin berpedoman pada kuisioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Analisa yang digunakan adalah analisa gap, analisa univariat, dan analisa bivariat dengan uji chi-square.
Hasil penelitian, dimensi mutu pelayanan dinilai baik lebih dari separuh responden yaitu Assurance (56%), Empathy (53%), Reliability (51%), sedangkan Tangible, dan Responsiveness dinilai tidak baik lebih dari separuh responden (58% dan 52%). Gap persepsi dan harapan adalah -0,731. Sebagian besar (73%) pasien di Puskesmas Rumbia tidak puas terhadap mutu pelayanan yang diberikan. Ada hubungan antara dimensi tangible (p-value=0,019), reliability (p-value=0,002), responsiveness (p-value=0,001), assurance (p-value=0,001), empathy (p-value=0,000) dengan kepuasan pasien. Disarankan agar masyarakat secara berkala memberikan masukan terhadap penyelenggaraan pelayanan, Puskesmas Rumbia agar meningkatkan kebersihan, dimulainya pelayanan tepat waktu, SPM dan SOP disosialisasikan kepada staf, membuat dan menyepakati nilai/norma organisasi, akademisi agar memberi sumbangsih keilmuan kepada unit-unit pelayanan.

Kata Kunci
:
Kepuasan, Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy.




1.    Puskesmas Rumbia Lampung Tengah
2.    Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Malahayati Bandar Lampung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar