Senin, 02 Juli 2012

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DAN PERAN KADER DENGAN KEIKUTSERTAAN LANSIA MENGIKUTI KEGIATAN POSYANDU LANSIA DI POSYANDU MAWAR DESA TRI RAHAYU KECAMATAN NEGERI KATON KABUPATEN PESAWARAN 2012


Bety Nilasari1, Achmad Farich2
ABSTRAK

Pertambahan penduduk usia lanjut secara bermakna akan disertai oleh berbagai masalah yang mempengaruhi berbagai aspek kehidupan lansia baik terhadap individu sendiri, keluarga dan masyarakat meliputi fisik, biologis mental maupun sosial ekonomi. Dari hasil pra penelitian ternyata didapatkan masih banyak Lansia yang tidak aktif mengikuti kegiatan Posyandu, selama periode tahun 2009 rata-rata Lansia yang aktif pada Posyandu Lansia antara 20 – 25 orang atau sekitar 45%.  Tujuan penelitian adalah diketahui hubungan antara dukungan keluarga dan peran kader dengan keikutsertaan lansia mengikuti kegiatan Posyandu Lansia di Posyandu Mawar Desa Tri Rahayu Wilayah Kerja Puskesmas Roworejo Kecamatan Negeri Katon Kabupaten Pesawaran Tahun 2012.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian analitik dengan desain cross sectional. Populasi seluruh Lansia yang ada di Posyandu Mawar Desa Tri Rahayu Wilayah Kerja Puskesmas Roworejo Kecamatan Negeri Katon Kabupaten Pesawaran Bulan Januari Tahun 2012 sebanyak 231 orang. Sampel 146 responden. Analisis data yang digunakan yaitu uji Chi Square.

Hasil penelitian menunjukkan responden mendapatkan dukungan keluarga sebanyak 86 responden, responden dengan peran kader baik sebanyak 99 responden, responden yang ikut serta dalam kegiatan Posyandu Lansia sebanyak 62 responden, Ada hubungan antara dukungan keluarga (p value 0,000), peran kader dengan keikutsertaan lansia dalam kegiatan Posyandu  (p value 0,000). Saran bagi petugas kesehatan agar meningkatkan pembinaan terhadap kader dan keluarga sehingga dapat meningkatkan dukungan dan peran kader dalam memotivasi lansia untuk mengikuti kegiatan posyandu lansia.

Kata Kunci     : Dukungan keluarga, Peran Kader, Keikutsertaan Lansia

1.    Puskesmas Rowo Rejo Kabupaten Pesawaran
2.    Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Malahayati Bandar Lampung


Tidak ada komentar:

Posting Komentar