Selasa, 03 Juli 2012

HUBUNGAN PENDAMPINGAN SUAMI SELAMA PERSALINAN DENGAN LAMANYA KALA II PERSALINAN DI BPS SURATMI KOTA BATAM 2011


Dainty Maternity1
ABSTRAK

Kematian ibu 244 per 100.000 kelahiran hidup penyebab utama kematian ibu di Indonesia adalah perdarahan, infeksi, eklampsi, partus lama dan komplikasi abortus  Partus lama rata-rata di dunia menyebabkan kematian ibu sebesar 8 % dan di Indonesia sebesar 9 %. Untuk mengurangi Pertus lama tersebut maka diadakan program asuhan sayang ibu untuk mengurangi adanya stress pada saat persalinan salah satunya adalah pendampingan suami.  Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui adanya Hubungan antara pendampingan Suami denganlamanya kala II persalinan.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan cross sectional.  Penelitian ini dilakukan di bidan praktik swsata dengan keseluruhan sampel adalah ibu bersalin primigravida.

Terdapat 9 orang yang didampingi dan 6 orang yang tidak didampingi dengan hasil 89% kala II persalinan ≤ 1 jam dan 11 % > 1jam dan untuk yang tidak didampingi dan 70% ≤ 1 jam  dan 30 % > 1jam pada kala II persalinan. nilai koefisien korelasi (r) adalah 0,272. Nilai r positif, berarti ada hubungan signifikan antara pendampingan suami terhadap proses persalinan kala II di Bidan Praktek Swasta (BPS) Suratmi adalah searah, dengan kata lain pendampingan suami berhubungan dengan kelancaran persalinan kala II. Selanjutnya, nilai probabilitas r (sig. 2- tailed) adalah sebesar 0,326 (sig. 2- tailed ≤ α 0,05).

Dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan bermakna antara pendampingan suami dengan lamanya kala II persalinan

Kata kunci: Pendampingan suami, Persalinan, Kala II.

1. Prodi Kebidanan FK Universitas Malahayati B. Lampung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar