Selasa, 03 Juli 2012

PENGARUH ASUPAN VITAMIN D TERHADAP TEKANAN DARAH SISTOLIK TIKUS PUTIH (Rattus norvegicus) JANTAN


Dessy Hermawan1, Sri Kadarsih2, Sunarti3, Indwiani Astuti4, Zainal Arifin Nang Agus3
 
Abstract

Hipertensi masih merupakan penyakit yang mengancam kehidupan manusia. Angka kejadian hipertensi di Indonesia masih tinggi dan cenderung meningkat. Penelitian tentang hipertensi melaporkan bahwa ada korelasi antara jarak dari katulistiwa dengan tekanan darah, semakin jauh tinggalnya dari katulistiwa maka akan cenderung terjadi peningkat tekanan darah, hal ini karena tubuh kekurangan kadar vitamin D akibat kekurangan paparan sinar matahari. Tujuan penelitian ini untuk mempelajari pengaruh penghilangan dan pemberian asupan vitamin D terhadap tekanan darah.

Rancangan penelitian ini adalah eksperimen laboratorik dengan pre-post test group design. Subeyek penelitian ini adalah 20 ekor tikus putih (Rattus norvegicus) jantan usia 2 bulan. Subyek dibagi menjadi lima kelompok perlakuan, yang masing-masing mendapat perlakuan berupa: diletakkan dalam kandang gelap dan diberi pakan tanpa vitamin D selama 1 – 13 hari. Kemudian subyek diletakkan dalam kandang terang dan diberi asupan vitamin D 0,25 µg/Kg BB selama 1 - 5 hari. Data berupa tekanan darah sistolik sebelum dan sesudah perlakuan dikumpulkan dan dianalisis dengan menggunakan uji t berpasangan.

Penghilangan asupan vitamin D dengan meletakkan di dalam kandang gelap dan memberi pakan bebas vitamin D menyebabkan terjadinya peningkatan tekanan darah sistolik secara bermakna. Peningkatan tekanan darah sistolik akan sangat bermakna (p 0,01) setelah 7 hari penghilangan asupan vitamin D. Sedangkan pemberian kembali asupan vitamin D 0,25 µg/Kg BB menyebabkan terjadinya penurunan tekanan darah sejak hari pertama pemberian. Namun demikian penurunan tekanan darah sistolik akan sangat bermakna (p 0,001) setelah hari keempat pemberian asupan vitamin D.

Kesimpulan penelitian ini adalah penghilangan dan pemberian asupan vitamin D sangat berpengaruh terhadap tekanan darah sistolik hewan coba.

Kata Kunci     : Hipertensi, Vitamin D, Tekanan Darah Sistolik

1.    Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Malahayati B. Lampung
2.    Bagian Fisiologi FK UGM Yogyakarta
3.    Bagian Biokimia FK UGM Yogyakarta
4.    Bagian Farmakologi FK UGM Yogayakarta


Tidak ada komentar:

Posting Komentar