Selasa, 03 Juli 2012

PERBEDAAN PERSEPSI IBU TERHADAP TENAGA PENOLONG PERSALINAN DI KAMPUNG GAYA BARU VI SEPUTIH SURABAYA LAMPUNG TENGAH


Tyas Suryanti 1
Abstrak
            Pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan masih sangat rendah dibandingkan dengan target yang ingin dicapai, termasuk di Kampung Gaya Baru VI Kecamatan Seputih Surabaya Kabupaten Lampung Tengah yang hanya mencapai 40,8% tahun 2010. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan persepsi ibu antara yang melahirkan ditolong tenaga non kesehatan dengan tenaga kesehatan.

          Penelitian ini merupakan penelitian Survey Analitik dengan menggunakan rancangan Crossectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu yang pernah melahirkan baik ditolong tenaga non kesehatan maupun tenaga kesehatan dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Sampel penelitian total populasi (75 orang). Analisis data menggunakan uji Mcnemar dengan derajat kepercayaan 95%.

          Hasil penelitian menunjukkan bahwa 74,7% ibu melahirkan ditolong tenaga non kesehatan dan hanya 25,3% ditolong tenaga kesehatan. Persepsi ibu pada umumnya kurang baik sebesar 52,0% dan 48,0% pada umumnya berpersepsi baik. Disimpulkan ada perbedaan persepsi antara ibu yang melahirkan ditolong tenaga non kesehatan dengan tenaga kesehatan (p-value = 0,000) di Kampung Gaya Baru VI Kecamatan Seputih Surabaya Kabupaten Lampung Tengah. Disarankan kepada tenaga penolong persalinan baik tenaga non kesehatan maupun tenaga kesehatan Kampung Gaya Baru VI agar  lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan kebidanan khususnya dalam memberikan pertolongan persalinan dan kepada masyarakat agar lebih hati-hati dalam memilih tenaga penolong persalinan.

Kata Kunci     : Persepsi, tenaga penolong persalinan

1.    Puskesmas Seputih Surabaya Lampung Tengah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar