Selasa, 03 Juli 2012

PERILAKU MENJAGA KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT TERHADAP KEJADIAN KARIES GIGI PADA SISWA KELAS IV SDN 1 GUNUNG SULAH KECAMATAN SUKARAME BANDAR LAMPUNG


Ade Bagus Putri1 , Lolita Sary2
ABSTRAK

Masalah utama dalam rongga mulut anak adalah karies gigi. Di Negara-negara berkembang termasuk Indonesia ada kecenderungan kenaikan prevalensi penyakit karies gigi. Data menunjukkan sekitar 60% penduduk Indonesia memiliki keluhan gigi rusak karena berbagai sebab, khususnya di Bandar Lampung sebesar 82%. Namun yang paling banyak ditemui adalah karies gigi atau gigi berlubang. Tujuan penelitian ini adalah diketahui perilaku menjaga kebersihan gigi dan mulut terhadap kejadian karies gigi pada siswa kelas IV SDN 1 Gunung Sulah Kecamatan Sukarame Bandar Lampung Tahun 2012.
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV A dan B SDN 1 Gunung Sulah Kecamatan Sukarame Bandar Lampung Tahun 2012 sebesar 72 siswa. Pengambilan sampel menggunakan total populasi. Analisis penelitian ini menggunakan chi square.

Hasil uji statistic diperoleh ada hubungan perilaku mengkonsumsi makanan manis (p value = 0,002 < 0,05, OR = 12,000) dan perilaku menggosok gigi (p value = 0,000 < 0,05, OR = 17,000) dengan kejadian karies gigi pada siswa kelas IV SDN 1 Gunung Sulah Kecamatan Sukarame Bandar Lampung Tahun 2012. Disarankan pada guru petugas UKS sekolah agar meningkatkan kegiatan penyuluhan kesehatan terutama tentang pentingnya memelihara kesehatan gigi dengan menjaga perilaku konsumsi makanan manis dan menggosok gigi.

Kata Kunci : Karies Gigi, Makanan Manis, Menggosok Gigi
  
          1. Puskesmas Sukarame Bandar Lampung
  .                  2. Staf Pengajar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Malahayati


Tidak ada komentar:

Posting Komentar