Senin, 25 Juni 2012

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN CAMPAK DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN 2012


Wulan Marniasih 1, Dessy Hermawan 2, Zaenal Abidin 2
               ABSTRAK   
Campak adalah penyakit yang disebabkan oleh virus campak. Penyakit campak di Indonesia sampai saat ini masih merupakan masalah kesehatan yang harus ditangani  karena kasus campak masih tinggi. Berdasarkan data yang diperoleh dari Puskesmas Natar prevalensi kasus campak di tahun 2010 sebesar 2 kasus meningkat pada tahun 2011 menjadi 44 kasus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan kejadian campak di Wilayah Kerja Puskesmas Natar Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2012.
Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik dengan menggunakan rancangan case control. Populasi kasus adalah seluruh anak usia <15 tahun yang terkena campak pada tahun 2011. Populasi kontrol adalah anak <15 tahun yang tidak terkena campak. Besar sampel seluruhnya yaitu 60 orang yang terdiri dari 30 orang kasus dan 30 orang kontrol.Analisa data menggunakan chi square.
Hasil penelitian didapatkan bahwa ada hubungan antara status imunisasi campak  dengan kejadian campak (p-value=0,020 OR=4,030), ada hubungan antara status gizi dengan kejadian campak (p-value=0,004 OR=5,5) dan ada hubungan antara kondisi ventilasi dengan kejadian campak (p-value=0,016 OR=4,571). Faktor yang tidak berhubungan dengan kejadian campak antara lain ASI Eksklusif, status sosial ekonomi dan kepadatan hunian rumah.
Untuk mencegah penyakit campak diharapkan bagi masyarakat terutama para ibu untuk mengimunisasi anak mereka dengan imunisasi campak, memperhatikan gizi anak dengan asupan makanan bergizi dan memenuhi kriteria rumah sehat. Bagi petugas kesehatan Puskesmas Natar agar lebih meningkatkan pelayanan imunisasi dan program sanitasi di Wilayah Kerja Puskesmas.


Kata kunci   : imunisasi campak, ASI, gizi, sosial ekonomi dan kepadatan hunian


1.       Pusktesmas Natar Lampung Selatan
2.       Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Malahayati Bandar Lampung.

1 komentar:

  1. Ass Wr Wb
    Keren Pak... Semoga Terus Jaya... amin...
    Sangat bermanfaat.
    Terima kasih

    BalasHapus