Minggu, 24 Juni 2012

HUBUNGAN LINGKUNGAN DAN RUMAH SEHAT DENGAN KEJADIAN DIARE DI KAMPUNG TERBANGGI BESAR KECAMATAN TERBANGGI BESAR KABUPATEN LAMPUNG TENGAH TAHUN 2011.

ABSTRAK


Achmad Farich1
Diare pada balita merupakan masalah penting karena dapat menyebabkan kematian. Diare pada balita dapat disebabkan oleh berbagai infeksi baik infeksi enteral maupun parenteral serta faktor lainnya.. Tujuan penelitian diketahuinya hubungan lingkungan dan rumah sehat dengan kejadian diare Di Kampung Terbanggi Besar Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah TAHUN 2011.
Jenis penelitian ini adalah analitik dengan rancangan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang melakukan kunjungan di Puskesmas Kotabumi II Kabupaten Lampung Utara tahun 2010 dari bulan Januari-Desember 2010 sebanyak 158 orang, dengan jumlah sampel 158 orang. Analisa data pada penelitian ini menggunakan uji Chi-square (2).
Hasil uji statistik didapatkan ada hubungan rumah sehat (p-value = 0,011) dan lingkungan (p-value = 0,015) dengan kejadian diare Di Kampung Terbanggi Besar Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah TAHUN 2011.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan Di Kampung Terbanggi Besar Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah khususnya yang terkait dengan faktor-faktor yang berhubungan kejadian penyakit diare.

Kata Kunci    : Rumah, Lingkungan, Diare
1.    FKM Universitas Malahayati Bandar Lampung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar