Minggu, 24 Juni 2012

HUBUNGAN FAKTOR SPESIFIK MATERNAL DENGAN ANGKA KEJADIAN PREEKLAMSIA/EKLAMSIA PADA IBU BERSALIN DI RUANG KEBIDANAN RSUD DR. A.DADI TJOKRODIPO KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN 2011

Mira Puspita1 , Dessy Hermawan2 dan Khoidar Amirus2


ABSTRAK
Faktor risiko preeklamsia meliputi kondisi medis yang berpotensi menyebabkan kelainan mikrovaskular, seperti diabetes melitus, hipertensi kronis dan kelainan vaskular serta jaringan ikat, sindrom antibodi fosfolipid dan nefropati. Faktor risiko lain berhubungan dengan kehamilan itu sendiri atau dapat spesifik terhadap ibu atau ayah dari janin. Tujuan penelitian diketahui hubungan faktor spesifik maternal dengan angka kejadian preeklamsia/eklamsia pada ibu bersalin.

Jenis penelitian analitik dengan rancangan case control. Populasi penelitian adalah ibu yang bersalin dengan preeklamsia/eklamsia maupun normal di Ruang Kebidanan RSUD Dr. A. Dadi Tjokrodipo Kota Bandar Lampung antara 1 Januari 2011 – 31 Desember 2011, dengan jumlah sampel sebanyak 247 orang. Analisa data pada penelitian ini menggunakan uji Chi-square (2).

Hasil uji statistik didapatkan ada hubungan primigravida (p-value= 0,000 dan OR= 2,703), usia (p-value= 0,001 dan OR = 2,348), nullipara (p-value= 0,001 dan OR = 2,436), preeklamsia pada kehamilan sebelumnya (p-value= 0,000 dan OR = 2,608) dan kondisi medis khusus (p-value= 0,002 dan OR= 2,268) dengan angka kejadian preeklamsia/eklamsia pada ibu bersalin di Ruang Kebidanan RSUD Dr. A. Dadi Tjokrodipo Kota Bandar Lampung.Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bagi pelayanan kesehatan untuk meningkatkan pelayanan ANC secara teratur untuk mendeteksi penyulit persalinan, sehingga dapat menurunkan kecemasan dalam menghadapi persalinan.
Kata Kunci    : Faktor Spesifik Maternal, Preeklamsia/Eklamsia
1.    RSUD Dr. A. Dadi Tjokrodipo Kota Bandar Lampung
2.    Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Malahayati Bandar Lampung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar