Senin, 25 Juni 2012

HUBUNGAN KEAKTIFAN KADER DAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PERILAKU IBU MEMBAWA ANAK BALITA KE POSYANDU DI DESA BANDING AGUNG WILAYAH KERJA PUSKESMAS PEDADA KABUPATEN PESAWARAN TAHUN 2012


Fatma Helna1, Khoidar Amirus2, Gunawan Irianto3

ABSTRAK


Program posyandu dilaksanakan untuk kepentingan masyarakat, maka diharapkan masyarakat sendiri yang aktif membentuk, menyelenggarakan, memanfaatkan dan mengembangkan Posyandu sebaik-baiknya. Kelangsungan Posyandu tergantung dari partisipasi masyarakat itu sendiri. Kunjungan balita ke Posyandu di Desa Banding Agung juga belum memenuhi target yang ditentukan, yaitu 70%, dimana pada tahun 2009 nilai D/S 52,2%, tahun 2010 nilai D/S 55,7% dan pada pertengahan tahun 2011 bilai D/S baru mencapai 50,2%. Tujuan penelitian adalah diketahui hubungan keaktifan kader dan dukungan keluarga dengan perilaku ibu membawa anak balita ke Posyandu di Desa Banding Agung Wilayah Kerja Puskesmas Pedada Kabupaten Pesawaran Tahun 2012.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian analitik dengan desain cross sectional. Populasi adalah ibu yang memiliki anak balita (usia 1-5 tahun) di Desa Banding Agung Wilayah Kerja Puskesmas Pedada Kabupaten Pesawaran sebanyak  78 orang. Sampel 78 responden. Analisis data yang digunakan yaitu uji Chi Square.

Hasil penelitian menunjukkan distribusi frekuensi responden dengan kader kurang aktif  yaitu sebanyak 43 responden (55,1%), mendukung  yaitu sebanyak 48 responden (61,5%), tidak aktif membawa balita ke posyandu yaitu sebanyak 47 responden (60,3%). Ada hubungan yang signifikan antara keaktifan kader (p value 0,016, OR 3,732), dukungan keluarga dengan perilaku ibu membawa anak ke Posyandu (p value 0,004, OR 6,469). Saran bagi petugas kesehatan agar meningkatkan pemberian informasi pada masyarakat melalui penyuluhan baik secara langsung maupun tidak langsung yang disesuaikan dengan kebijakan pemerintah.


Kata Kunci     : Keaktifan kader, dukungan keluarga, Posyandu Balita

1.    Puskesmas Pedada Kab Pesawaran Lampung
2.    Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Malahayati Bandar Lampung
3.    PSIK FK Universitas Malahayati Bandar Lampung


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar